Sunday, March 3, 2013

Symbian vs Android : Mana Yang Lebih Open Source ?

android-vs-symbian-open-source.jpg
Android saat ini dikenal karena open sourcenya, itu dikatakan sebagai keunggulannya di banding symbian. Benarkah?
Sangat menarik menbaca komentar mas rampadan tentang bagaimana dia menyukai open source pada android, dan mas rampadan menunggu kapan symbian go open source di artikel Saat Semua Media Menjelekkan Symbian dan Memuji Android . Seingat saya symbian sudah mulai open source sejak tahun 2010, saya ingat menulis artikel symbian open source, hape cina akan hadir dg OS symbian? .
Dipenuhi rasa penasaran saya googling menemukan artikel tentang open source android dan symbian dari Punam Kariwadekar , beliau mengatakan android cuma semi open source, tapi symbian dan meego full open source. Ini screenshot artikel beliau:
Scr1465.jpg
Tapi ada yang perlu digaris bawahi, symbian baru mulai open source dari OS symbian^3, jadi s60v3 dan s60v5 belum open source.
Apa itu open source? Itu artinya tiap orang punya kemampuan mengembangkan os tsb tanpa perlu minta2 ke pembuat os. Nah karena symbian itu lebih open source, maka beberapa anak muda mampu membuat symbiannya punya kemampuan luar biasa, dan sesuai kata seseorang dg nick einstien, mereka tidak menggunakan android karena symbian lbh open untuk dikembangkan (lebih open source).
Mau lihat kemampuan hebat apa yang dimiliki symbian anak2 muda tsb, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:
mengontrol mobil BMW ala James Bond dg Nokia C7
mengendalikan seisi rumah dengan nokia n8 dari membuka pintu sampe membuat kopi
http://adit38.files.wordpress.com/2011/01/nokia-c7-as-remote-control-to-cars.jpg?w=593
Well, jika symbian lebih open source dari android, menarik menunggu klaim nokia yang mengatakan MeeGo adalah ‘ THE REAL OPEN SOURCE ‘.

 source: http://adit38.wordpress.com/2011/02/08/symbian-vs-android-mana-yang-lebih-open-source/

No comments:

Post a Comment